Home » , » ASAL USUL NAMA BANJARMASIN

ASAL USUL NAMA BANJARMASIN


Asal mula nama Kota Banjarmasin berasal dari sejarah panjang Kota Banjarmasin. Pada saat itu dikenal nama Istilah Banjarmasih. Sebutan ini diambil dari nama salah seoarang Patih yang sangat berjasa dalam pendirian Kerajaan Banjar, yaitu Patih Masih, yang berasal dari Desa Oloh Masih yang dalam bahasa Ngaju berarti orang Melayu atau Kampung Orang Melayu. Desa Oloh Masih inilah yang kemudian menjadi Kampung Banjarmasih.

Patih Masih bersama dengan beberapa Patih lainnya sepakat mengangkat Pangeran Samudera mejadi Raja. Pangeran Semudera ini adalah seorang Putera Kerajaan Daha  yang terbuang dan mengasingkan diri di desa Oloh Masih. Sejak itu terbentuklah kerajaan Banjar. Pangeran Samudera kemudian menaklukkan Muara Bahan dan kerajaan kecil lainnya serta jalur-jalur sungai sebagai pusat perdagangan pada waktu itu.

Kemajuan kerajaan Banjar ini tentu saja mengusik kekuasaan Pangeran Tumenggung, raja Daha yang juga Paman dari Pangeran Samudera. Sehingga terjadi penyerbuan oleh Daha. Peperangan yang berlarut-larut  menyebabkan Pangeran Samudera terdesak, dan meminta Kerajaan Demak yang merupakan kerajaan Islam pertama dan terbesar di Nusantara. Demak bersedia membantu kerajaan Banjar, dengan syarat raja dan rakyatnya masuk Islam. Pengeran Samudera setuju dan tentara Demak datang bersama Khatib Dayan yang kemudian mengislamkan rakyat Banjar. Sejak itu Pangeran Samudera berganti nama menjadi Sultan Suriansyah.

Dengan bantuan Demak, Banjar menyerbu Daha dan mengalahkannya. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 24 Desember 1526, sehingga tanggal tersebut dijadikan sebagai :

Perjalanan Sejarah


Share this article :

+ komentar + 2 komentar

Oktober 15, 2011

gan, kalo ngaran Bandarmasih(kada pakai j tapi d) ada pa kada dalam sejarah banjarmasin?. naah lawan bagusnya url nie kada ngalih lagi bila handak mencari lagu banjar tinggal masuk kealamat ini,

Oktober 15, 2011

sip gan,makasih udah baelang!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Posting Komentar

SILAHKAN ISI NO SPAM YACH!!!!

Pengunjung perhari

Rating for punyaunda.com punyaunda.com-Google pagerank,alexa rank,Competitor

Translate

 
Support www.sumberiklangratis.com: Copyright © 2013. punyaunda - All Rights Reserved